Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Membuat Permainan Batu, Kertas, Gunting dengan Python

Membuat Permainan Batu, Kertas, Gunting dengan Python

WritingSkills.web.id - Pada kesempatan kali ini, kita akan membuat Proyek Python sederhana, yaitu permainan batu, kertas, gunting

Untuk memulainya, gunakan fungsi print untuk menampilkan pesan selamat datang. Di dalam fungsi print, masukkan string "Ayo bermain batu, kertas, atau gunting".

Beri tahu pengguna untuk memilih pilihan mereka. Untuk mengambil masukan dari pengguna, gunakan fungsi input dan simpan masukan pengguna tersebut di dalam sebuah variabel. 

Deklarasikan variable pilihan_pemain untuk mengambil input dari pengguna dan simpan di variabel tersebut. Di dalam tanda kurung dari fungsi input, masukkan pesan yang menunjukkan pilihan batu, kertas, atau gunting. 

Cek coding berikut:
print("Ayo bermain batu, kertas, atau gunting")

pilihan_pemain = input("\nPilih batu, kertas, atau gunting: ")

Untuk mengecek apa yang dipilih pengguna, kita ingin mengubah pilihannya ke dalam string dengan huruf kecil (lowercase). Jadi, apapun yang diketikkan pengguna, baik itu Batu, batu, atau bahkan BATU, kita bisa mengetahuinya dengan benar. 

Gunakan kode lower() di akhir fungsi input untuk mengkonversi string ke dalam huruf kecil. Lihat kode berikut:
print("Ayo bermain batu, kertas, atau gunting")

pilihan_pemain = input("\nPilih batu, kertas, atau gunting: ").lower()

Sekarang kita ke tahap pemilihan yang dilakukan oleh komputer. Di bagian paling atas file, tambahkan import random yang memungkinkan kita menggunakan fungsi khusus Python. 

Deklarasikan variabel pilihan dan masukkan nilai sebuah list yang berisi ["batu", "kertas", "gunting"]

Deklarasikan variabel pilihan_komputer. Masukkan nilai pada variabel tersebut hasil dari random.choice(pilihan), yang memilih pilihan acak dari list yang tersedia. 
import random 
print("Ayo bermain batu, kertas, atau gunting")

pilihan_pemain = input("\nPilih batu, kertas, atau gunting: ").lower()

pilihan = ["batu", "kertas", "gunting"]
pilihan_komputer = random.choice(pilihan)

Pengguna telah memilih, komputer sudah mengambil pilihan, dan sekarang saatnya kita mengetahui apa pilihan komputer. 

Gunakan fungsi print untuk menampilkan sebuah f-string (formatted string) "Komputer memilih: " dan kemudian nilai dari variabel pilihan_komputer

Sekarang kita akan menentukan siapa pemenangnya. Kita memerlukan kombinasi statement if, elif dan else untuk membandingkan pilihan_pemain dan  pilihan_komputer

Sekarang ketikkan statement if yang mengecek apakah pilihan pengguna mengalahkan pilihan komputer. 

Lalu, gunakan elif untuk mengecek case bila terjadi pilihan yang sama antara komputer dan pengguna. Di akhir statement kondisional, tambahkan else

Di setiap case, tentukan variabel pemenang pada string "Pemain", "Seri", atau "Komputer".
import random 
print("Ayo bermain batu, kertas, atau gunting")

pilihan_pemain = input("\nPilih batu, kertas, atau gunting: ").lower()

pilihan= ["batu", "kertas", "gunting"]
pilihan_komputer = random.choice(pilihan)
print(f"Komputer memilih: {pilihan_komputer}")

if (pilihan_pemain == "batu" and pilihan_komputer == "gunting")
or (pilihan_pemain == "gunting" and pilihan_komputer == "kertas")
or (pilihan_pemain == "kertas" and pilihan_komputer == "batu"):
  pemenang = "Pemain"
elif pilihan_pemain == pilihan_komputer:
  pemenang = "Seri"
else:
  pemenang = "Komputer"
  
Tahap terakhir adalah menampilkan pesan berisi siapa pemenang permainan batu, gunting dan kertas ini. 

Buat sebuah statement if yang mengecek apakah variabel pemenang sama dengan "Pemain". Bila true atau benar maka tuliskan pesan "Kamu menang".

Buat statement elif yang mengecek apakah variabel pemenang sama dengan "Komputer". Bila true atau benar maka tuliskan pesan "Komputer menang".

Jangan lupa ketikkan klausa else yang menampilkan pesan "Seri". Cek barisan kode berikut:
if pemenang == "Pemain":
  print("Kamu menang")
elif pemenang == "Komputer":
  print("Komputer menang")
else:
  print("Seri")
  
Sehingga bila digabungkan, coding yang sudah jadi untuk permainan batu, gunting, kertas dengan bahasa Python adalah sebagai berikut:
import random 

print("Ayo bermain batu, kertas, atau gunting")

pilihan_pemain = input("\nPilih batu, kertas, atau gunting: ").lower()
pilihan = ["batu", "kertas", "gunting"]
pilihan_komputer = random.choice(pilihan)
print(f"Komputer memilih: {pilihan_komputer}")

if (pilihan_pemain == "batu" and pilihan_komputer == "gunting") or (pilihan_pemain == "gunting" and pilihan_komputer == "kertas") or (pilihan_pemain == "kertas" and pilihan_komputer == "batu"):
  pemenang = "Pemain"
elif pilihan_pemain == pilihan_komputer:
  pemenang = "Seri"
else:
  pemenang = "Komputer"

if pemenang == "Pemain":
  print("Kamu menang")
elif pemenang == "Komputer":
  print("Komputer menang")
else:
  print("Seri")
 
Hasil output dari barisan kode di atas adalah sebagai berikut. Apa yang terjadi bila kita memilih batu?
Membuat Permainan Batu, Kertas, Gunting dengan Python

Membuat Permainan Batu, Kertas, Gunting dengan Python

Membuat Permainan Batu, Kertas, Gunting dengan Python

Itulah proyek Python sederhana kita dalam membuat permainan batu, gunting, kertas. Selamat mencoba!

Helmi Fauziridwan
Helmi Fauziridwan Aku adalah seorang blogger yang ingin berbagi inspirasi kepada semua orang dengan membuat tulisan-tulisan yang bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Membuat Permainan Batu, Kertas, Gunting dengan Python"