Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan Posisi Duduk dan Berdiri saat Memainkan Gitar

Posisi & Postur Saat Memainkan Gitar

WritingSkills.web.id - Relaks dan merasa nyaman dengan gitar kamu sebelum mulai bermain. Sebenarnya tipe musik yang dimainkan menentukan postur yang akan dipilih. Secara umum, pemain musik klasik, fold dan flamenco memilih posisi duduk. Sedangkan pemain musik rock dan country lebih cenderung pada posisi berdiri dengan gitar ditopang oleh bahu dengan bantuan selendang gitar.

Posisi Duduk 

Bagian badan gitar terletak di antara paha. Bila kamu pemain gitar kidal, gitar ada di paha kiri dan sebaliknya bila kamu bermain dengan tangan kanan, gitar di paha kanan. Neck gitar harus dipegang dengan sudut 45 derajat.

Posisi Duduk Bermain Gitar

Letakkan gitar di paha kanan dan pegang neck gitar dengan tangan kiri sehingga menjaga sudut horizontal yang lebar. Badan gitar ditekan oleh lengan kanan bagian dalam.

Posisi Duduk Bermain Gitar

Memainkan gitar elektrik dengan posisi duduk bisa menimbulkan masalah. Gitar elektrik telah didesain untuk posisi berdiri. Bentuk dan keseimbangan berat bisa membuat gitar miring. Tips menggunakan gitar elektrik dalam posisi duduk adalah dengan memakai selendang gitar.

Posisi Berdiri 

Untuk bermain gitar dengan posisi berdiri, kamu memerlukan selendang gitar.

Posisi Berdiri Bermain Gitar

Dengan selendang gitar, gitar dipegang dengan kedua lengan bebas bergerak dengan nyaman. Idealnya neck gitar dipegang dengan sudut 45 derajat atau 35 derajat. Penting untuk diingat, bridge gitar harus sejajar dengan pergelangan tangan. Jadi atur selendang gitar sebaik mungkin. 

Helmi Fauziridwan
Helmi Fauziridwan Aku adalah seorang blogger yang ingin berbagi inspirasi kepada semua orang dengan membuat tulisan-tulisan yang bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Perbedaan Posisi Duduk dan Berdiri saat Memainkan Gitar"