Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Nama dan Istilah Bagian-Bagian Gitar Listrik dan Akustik

Nama & Istilah Bagian-Bagian Gitar Listrik & Akustik

WritingSkills.web.id - Gitar adalah alat musik petik berdawai senar. Gitar dapat menghasilkan melodi dan akor dalam jumlah dan variasi yang lebih banyak dibandingkan dengan alat musik lain.

Gitar terdiri dari beberapa bagian. Bagian penting gitar di antaranya head atau kepala, finger board atau papan jari, dan body atau badan gitar.

Gitar Listrik

Nama dan istilah bagian-bagian gitar listrik / gitar elektrik berikut berasal dari bahasa Inggris. Untuk lebih memahami istilah-istilah tersebut, kamu bisa melihat gambar nama bagian bagian gitar listrik berikut:

nama dan istilah bagian-bagian gitar elektrik dalam bahasa Inggris


Sedikit penjelasan tentang bagian-bagian gitar listrik / gitar elektrik :

"Pickups" adalah bagian paling penting dari sebuah gitar elektrik. Pickups terletak pada body gitar dan berfungsi mendeteksi getaran senar. Sinyal yang muncul kemudian ditransmisikan pada amplifier. Jadi, senar yang digunakan untuk gitar elektrik adalah senar yang terbuat dari baja (steel string), bukan senar dari nylon (nylon string).

Gitar Akustik

Nama dan istilah bagian-bagian gitar akustik berikut berasal dari bahasa Inggris. Untuk lebih memahami istilah-istilah tersebut, kamu bisa melihat gambar nama bagian bagian gitar akustik berikut:

nama dan istilah bagian-bagian gitar akustik dalam bahasa Inggris


Sedikit penjelasan tentang bagian-bagian gitar akustik:

Bagian-bagian gitar elektrik dan akustik sangat mirip. Namun, dari banyak kesamaan tersebut, perbedaan yang paling utama adalah bentuk gitar dan suara. Suara yang dihasilkan dari gitar akustik bergantung pada lubang suara (sound hole), sedangkan pada gitar elektrik, suara yang dihasilkan berasal dari "pickups" yang mentransmisikan suara pada amplifier

Istilah-istilah bagian-bagian gitar dan fungsinya antara lain:
  • Peg : Penggulung senar untuk mengatur nada senar.
  • Frets : Garis melintang pembatas wilayah nada yang terbuat dari logam.
  • Sound hole : Lubang untuk mengeraskan suara senar gitar.
  • Head : Kepala gitar sebagai dudukan peg.
  • Finger-board : Papan tumpuan untuk menekan senar dengan jari tangan.
  • Body : Badan gitar.

Helmi Fauziridwan
Helmi Fauziridwan Aku adalah seorang blogger yang ingin berbagi inspirasi kepada semua orang dengan membuat tulisan-tulisan yang bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Nama dan Istilah Bagian-Bagian Gitar Listrik dan Akustik"